Tingkah Laku Dan Hasil Belajar Siswa Yang Mungkin Dicapai Melalui Penggunaan Metode Pembelajaran Tertentu
Hampir semua ahli didaktis-metodis
mengatakan bahwa tidak ada suatu metode yang bersifat allround untuk mencapai
semua jenis tujuan pembelajaran. Setiap metode pembelajaran mempunyai potensi
yang khas untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu; dan karena tujuan
pembelajaran dalam satuan pelajaran itu bersifat majemuk (menyangkut aspek
kognitif, afektif, dan psiko-motoris) maka selalu disaranan penggunaan metode
pembelajaran secara eklektif dan mengintegrasikan berbagai metode secara
simultan. Jadi jenis-jenis mengintegrasikan berbagai metode tertentu, hendaklah
benar-benar diperhatikan oleh setiap praktisi pembelajaran di sekolah,
agar proses serta hasil kerjanya efektif dan efisien. Setiap metode
pembelajaran memiliki potensi untuk dapat mencapai tujuan pembelajaran tertentu
yang khas sifatnya. Misalnya: Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang bersifat
informatif (penambahan pengetahuan dan sejenisnya), metode yang cocok untuknya
adalah metode ceramah. Untuk mencapai tujuan pembelajaran yang berupa
keterampilan-keterampilan motoris (menyulam, menjahit, membangun benda model,
melakukan gerkan yang benar dalam olah raga dan sejenisnya), metode yang cocok
untuknya adalah metode demonstrasi, latihan (praktik) terbimbing yang lama
kelamaan menjadi mandiri, observasi dan kerja kelompok. Sejalan dengan pola
pikir di atas, setiap praktis pembelajaran di sekolah memilih metode
pembelajaran tertentu hendaknya sekaligus menyadari jenis tujuan pembelajaran
manakah yang cenderung mudah dicapai dan manakah yang sulit (bahkan tidak
mungkin) dicapai lewat penggunaan metode yang dipilihnya tersebut. ...selanjutnya dapat dibaca di http://blog.tp.ac.id/tingkah-laku-dan-hasil-belajar-siswa-yang-mungkin-dicapai-melalui-penggunaan-metode-pembelajaran-tertentu#ixzz22XJSz9Mn
Artikel ini disalin dari : http://blog.tp.ac.id/tingkah-laku-dan-hasil-belajar-siswa-yang-mungkin-dicapai-melalui-penggunaan-metode-pembelajaran-tertentu#ixzz22XJSz9Mn
Label: artikel ilmiah
0 Comments:
Subscribe to:
Posting Komentar (Atom)